Senin, 15 November 2010

E-COMMERCE

Perdagangan elektronik atau e-dagang (bahasa Inggris: Electronic commerce, juga e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.
E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.
E-dagang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.








1. Sejarah perkembangan
Istilah "perdagangan elektronik" telah berubah sejalan dengan waktu. Awalnya, perdagangan elektronik berarti pemanfaatan transaksi komersial, seperti penggunaan EDI untuk mengirim dokumen komersial seperti pesanan pembelian atau invoice secara elektronik.
Kemudian dia berkembang menjadi suatu aktivitas yang mempunya istilah yang lebih tepat "perdagangan web" — pembelian barang dan jasa melalui World Wide Web melalui server aman (HTTPS), protokol server khusus yang menggunakan enkripsi untuk merahasiakan data penting pelanggan.
Pada awalnya ketika web mulai terkenal di masyarakat pada 1994, banyak jurnalis memperkirakan bahwa e-commerce akan menjadi sebuah sektor ekonomi baru. Namun, baru sekitar empat tahun kemudian protokol aman seperti HTTPS memasuki tahap matang dan banyak digunakan. Antara 1998 dan 2000 banyak bisnis di AS dan Eropa mengembangkan situs web perdagangan ini.
2. Faktor kunci sukses dalam e-commerce
Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang termasuk:
1. Menyediakan harga kompetitif
2. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
4. Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
5. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
6. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
7. Mempermudah kegiatan perdagangan

3. Masalah e-commerce
1. Penipuan dengan cara pencurian identitas dan membohongi pelanggan.
2. Hukum yang kurang berkembang dalam bidang e-commerce ini.


4. Aplikasi bisnis
Beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce adalah:
• E-mail dan Messaging
• Content Management Systems
• Dokumen, spreadsheet, database
• Akunting dan sistem keuangan
• Informasi pengiriman dan pemesanan
• Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
• Sistem pembayaran domestik dan internasional
• Newsgroup
• On-line Shopping
• Conferencing
• Online Banking
5. Perusahaan terkenal
Perusahaan yang terkenal dalam bidang ini antara lain: eBay, Yahoo, Amazon.com, Google.
6. Kecocokan barang
Ada beberapa barang yang cocok dijual secara elektronik seperti barang elektronik kecil, musik, piranti lunak, fotografi, dll. Barang yang tidak cocok seperti barang yang memiliki rasio harga dan berat yang rendah, barang-barang yang perlu dibaui, dipegang, dicicip, dan lain-lain.
Guna mendorong pertumbuhan e-commerce di Indonesia dengan memberdayakan usaha/bisnis Indonesia yang menjual produknya ke mancanegara, Plasa.com bekerja sama dengan eBay untuk memfasilitasi media online trading skala internasional.
“Melalui kerja sama Plasa.com dan eBay ini, kami harapkan lebih banyak lagi pengusaha Indonesia yang berjualan secara online, sehingga mempercepat pertumbuhan e-commerce,” kata Shinta Dhanuwardoyo, CEO Plasa.com.
eBay adalah salah satu pasar online terbesar di dunia saat ini, dengan 90 juta pembeli dan penjual aktif. Pasar online ini didirikan pada 1995 di San Jose, Amerika Serikat oleh Pierre Omidyar, seorang programer komputer.
Sementara itu, Plasa.com akan menyalurkan para pedagang online Indonesia lewat eBay untuk memperdagangkan produknya. “Kalau Anda punya produk unik, tinggal klik www.plasa.com/ebay. Nanti daftar di situ sebagai user. Dari sini kita bisa menjual produk lewat eBay untuk pasar internasional. Ini kita namakan kolaborasi cross border trading,” jelas Andi S Boediman, Chief Innovation Officer Plasa.com.

Dalam kerja sama ini, melalui Plasa.com, eBay juga akan menyediakan jasa konsultasi dan bimbingan kepada para pengusaha Indonesia. eBay akan memberikan konsultasi kepada para seller bagaimana mereka menentukan target market, bagaimana menjual barang lebih luas lagi, cara melakukan riset pasar, pencarian dan pemasaran produk menyediakan layanan pelanggan dan sebagainya. Untuk itu, dia berharap masyarakat tidak takut untuk berjualan online. Selain itu, dia berharap para seller Indonesia bisa go international semua.

Kerja sama kedua belah pihak tersebut didasari oleh pertumbuhan Internet di Indonesia yang meningkat dan banyaknya produk Indonesia yang mampu bersaing dengan produk global tetapi belum dikenal di mancanegara. “Indonesia merupakan pasar online yang tumbuh pesat dan memiliki potensi yang sangat besar,” kata Oliver Hua, Chief Operating Officer eBay.

Hingga kini, page view Plasa.com mencapai 1,5 juta per bulan per hari. Untuk produk, Plasa.com dipadati sekitar 25.000 produk dari 1.500 merchant. Nantinya, merchant diharapkan bertambah sekira 1.000 merchant. Sedangkan jumlah member Plasa.com mencapai 550 ribu orang.
7. 10 Kesalahan Umum E Commerce
Sebagian besar orang sudah tidak asing lagi dengan istilah “ E Commerce ”, namun jangan salah tidak sedikit pula orang yang belum mengetahui istilah tersebut. Sebenarnya yang dimaksud dengan e commerce adalah bisnis yang dijalankan melalui transaksi online, bisa berupa toko online yang memberikan pelayanan belanja serta berjualan online atau bisnis melalui website dengan memberikan pelayanan jasa yang dibutuhkan konsumen.
Secara garis besar e commerce adalah bisnis yang menggunakan sistem penjualan atau pembelian barang maupun informasi tertentu melalui internet, pengiriman digital produk maupun pembayaran pun juga dilakukan dengan layanan online, sehingga segala kegiatan bisnis yang biasanya dilakukan melalui offline, dapat dilakukan melalui e commerce dengan biaya operasional bisnis yang lebih ringan dibandingkan biaya operasional bisnis offline.
Banyaknya keuntungan serta kemudahan dari e commerce menjadi daya tarik tersendiri bagi para pencari usaha untuk ikut serta mencoba menjalankan bisnis tersebut. Namun tidak semua orang bisa sukses menjalankan bisnis e commerce, karena untuk menjalankan bisnis ini tidak semudah yang dipikirkan banyak orang. Berikut kami berikan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menjalankan e commerce, 10 kesalahan umum ecommerce yang sering dilakukan orang :


1. Kebanyakan orang sering mengabaikan model bisnis online yang mereka jalankan, termasuk juga sistem penjualan, pemasaran, prosedur keuangan sampai mengabaikan pelanggan lama.
2. Kesalahan yang kedua adalah banyak orang yang membangun situs dengan berbagai aksesoris rancangan sempurna atau navigasi rumit yang menyamarkan pesan bisnis dari perusahaan tersebut.
3. Ketiga, orang – orang masih sering membuat halaman web yang downloadnya lambat. Sehingga para pengunjung web tersebut merasa tidak nyaman.
4. Keempat, pelaku e commerce masih sering mempersulit para konsumen yang ingin mencari informasi suatu produk, maupun layanan informasi yang dibutuhkan untuk mencari produk tertentu.
5. Kelima, sering mengecewakan pelanggan yang memiliki keinginan untuk membeli suatu produk. Misalnya dengan memberikan sistem transaksi pembayaran yang tidak singkat dan tidak teratur, tidak menyediakan penjelasan tentang cara pembelian dan pemesanan produk, bahkan kadang tidak memberitahukan kepada calon pelanggan bahwa cadangan suatu item sudah habis.
6. Keenam, pelaku e commerce sering melupakan sarana untuk meyakinkan pelanggan bahwa transaksi bisnis yang dilakukan dapat dipercaya konsumen.
7. Ketujuh, e commerce gagal membangun back end yang sebenarnya gampang dikelola serta cukup berdaya untuk kebutuhan sekarang maupun kebutuhan yang sedang direncanakan.
8. Kedelapan, harga jual produk yang dijual melalui online cenderung lebih mahal dibandingkan produk yang dijual melalui offline. Oleh karena itu konsumen kalangan menengah ke bawah masih memilih pembelian offline dibanding pembelian melalui online.
9. Yang kesembilan, masih banyak e commerce yang tidak menyediakan sarana bagi pelanggan untuk berkomunikasi langsung dengan perusahaan. Sehingga pelanggan belum bisa percaya penuh dengan perusahaan tersebut.
10. Dan yang terakhir, e commerce lebih suka membangun situs yang lebih sulit digunakan untuk bertransaksi, daripada memesan atau berkomunikasi langsung via telepon atau faks dengan para pelanggannya.




8. Peluang Bisnis Online Melalui Blog
Mencoba peluang bisnis online ternyata dapat dilakukan dengan berbagai cara. Dari mulai menggunakan fasilitas website, blog, hingga jejaring social seperti facebook juga dapat digunakan sebagai media untuk menjalankan bisnis online. Salah satu media yang sering digunakan para pemula untuk mencoba bisnis online yaitu dengan menggunakan blog. Kebanyakan orang memilih blog sebagai media bisnis online yang mereka jalankan, karena media blog yang luas memberikan kesempatan bagi pelaku bisnis online untuk mengisi blognya dengan conten yang mendukung usahanya.
Saat ini peluang bisnis online melalui blog masih terbuka lebar, namun sebagian besar dari masyarakat selalu beranggapan bahwa bisnis online yang berpeluang hanya sebatas bisnis affiliasi, link sales, paid review, atau Adsense saja. Padahal sebenarnya masih banyak bisnis offline yang bisa dikembangkan dengan sistem online melalui blog. Misalnya saja dengan menggunakan blog sebagai toko online, yang menyediakan baju dari toko atau butik offline.
Berikut kami berikan beberapa tips sukses bisnis online dengan menggunakan blog :
1. Gunakan ruang kosong pada blog Anda untuk menawarkan produk yang menjual. Misalnya saja berupa produk ebook, video tutorial, atau bisa juga berupa bisnis jasa seperti jasa pembuatan website. Disamping itu Anda juga bisa menawarkan produk offline melalui blog untuk menambah omset penjualan produk.
2. Gunakan iklan sebagai salah satu peluang memperoleh penghasilan tambahan. Iklan yang ditawarkan bisa berupa iklan link, iklan banner, atau iklan pilihan lainnya. Iklan yang memberikan kemudahan biasanya yaitu iklan program affiliate.
3. Posting info produk yang ditawarkan blog Anda, biasanya para konsumen akan tertarik dengan suatu produk setelah mereka membaca ulasan atau info produk yang menjelaskan kualitas produk yang ditawarkan.
4. Cantumkan bukti atau pengalaman dari pelanggan yang puas dengan produk yang kita tawarkan. Testimoni dari para pelanggan, dapat meningkatkan kepercayaan konsumen baru akan produk yang kita tawarkan.
5. Fokus pada satu minat berdasarkan hobi yang Anda suka. Dengan melakukan hal yang disukai, Anda dapat menikmati bisnis online melalui blog sehingga mampu bertahan menjalankan bisnis tersebut dalam jangka waktu yang lama. Biasanya para pelaku bisnis online tidak bertahan dengan bisnisnya, karena mereka kurang sabar dan tidak menikmati apa yang dikerjakannya.
6. Menjaga loyalitas konsumen yang telah ada, dengan memberikan segala informasi secara jujur dan pelayanan yang penuh keramahan. Sehingga para konsumen dengan senang hati akan kembali lagi ke blog Anda.
Dari sebuah blog yang dulu hanya digunakan untuk sharing bersama teman, kini dapat dijadikan sebagai media bisnis yang bisa menghasilkan uang. Sebenarnya semua orang bisa menjalankan bisnis online hanya dengan bermodalkan blog. Yang terpenting adalah kreatifitas untuk selalu memberikan inovasi pada bisnis yang ia jalankan.

9. Bagaimana SEO Mengoptimalkan Bisnis Online?
Peluang sukses dengan bisnis online memang masih luas, saat ini berbagai peluang bisnis dapat dijalankan dengan cara online. Dari mulai bisnis affiliate, bisnis reseller ataupun menjual produk sendiri dengan bantuan internet mampu menghasilkan keuntungan yang cukup besar. Hal tersebut mengakibatkan persaingan pada bisnis online semakin hari semakin tinggi.
Tingginya persaingan bisnis online, memaksa para pelaku usaha untuk mengetahui tentang internet marketing yang dapat membantu usaha mereka. Salah satu cara yang dapat membantu internet marketing adalah penggunaan SEO pada website ataupun blog yang mereka gunakan sebagai sarana bisnis online. Karena 80% pengguna internet, dalam mencari informasi yang dibutuhkan biasanya menggunakan search engine. Oleh karena itu kita harus menggunakan SEO ( Search Engine Optimization ) agar website kita mudah ditemukan orang yang mencari sesuatu dengan menggunakan kata atau keyword yang ditargetkan pada mesin pencarian seperti Google, Yahoo, ataupun MSN.
Bagaimana SEO mengoptimalkan bisnis online? Berikut kami berikan cara mudah penggunaan SEO dari mesin pencarian google, yang dapat Anda jalankan :
1. Memilih kategori yang sesuai dengan tema website ataupun blog, memilih SEO yang sering dicari pengguna internet, pilihlah keyword yang akan digunakan sebagai judul conten yang akan diposting, optimalisasi file gambar original pendukung conten yang diposting, membuat efek teks untuk memudahkan googlebot mendeteksi keyword.
2. Melakukan verifikasi blog pada search engine seperti di google ada google webmaster central, sehingga google akan lebih mudah menelusuri link yang ada di dalam website tersebut.
3. Melakukan submit url pada situs jejaring lainnya agar bisa menambahkan pengunjung website kita
4. Sesering mungkin lakukan pembaruan yang mendukung website Anda, karena search engine selalu senang berkunjung pada website yang selalu update. Misalnya dengan posting artikel secara teratur.
5. Usahakan memberikan conten yang baru dan original, karena conten hasil copy paste tidak terdeteksi oleh search engine seperti google.
6. Gunakan internal link agar dapat menghubungkan content yang baru diposting, dengan conten lain yang masih berhubungan.
Selain mempermudah para pengguna internet untuk menemukan website kita, penggunaan SEO juga memberikan banyak kelebihan bagi bisnis online. Kelebihan penggunaan SEO antara lain yaitu :
1. Dengan menggunakan SEO, website Anda dapat berada diurutan pertama pada mesin pencarian atau minimal masuk pada halaman pertama. Semakin sering dikunjungi maka semakin cepat website kita berada di posisi pada pertama mesin pencarian.
2. Jika website Anda telah sukses menggunakan SEO, dengan mudah Anda dapat menawarkan prduk barang atau jasa yang dapat menambah penghasilan website Anda. Namun pilihlah produk yang berkualitas, karena SEO hanya dapat menarik minat pengunjung dan belum tentu mereka membeli produk yang kita tawarkan jika produk kita tidak berkualitas.
3. Keuntungan yang ketiga yaitu penggunaan SEO mudah dipantau, karena hasilnya bisa langsung dilihat dengan berbagai cara. Misalnya dapat menggunakan cara paling mudah, dengan mengetikan keyword yang sesuai dengan target yang kita tentukan melalui mesin pencarian. Jika website kita telah berhasil maka pada hasil pencarian, website kita akan muncul pada urutan pertama atau pada halaman utama.
Penggunaan SEO dapat dijadikan sebagai salah satu kunci sukses menjalankan bisnis online. Semoga dengan informasi bagaimana SEO mengoptimalkan bisnis online? Dapat membantu Anda yang akan mencoba peluang bisnis online.


10. Keuntungan Bisnis Online
Tak dapat diragukan lagi bahwa kini bisnis online memiliki prospek bisnis yang cukup besar. Peluang bisnis yang terbilang cukup mudah dan murah untuk dijalankan ini mampu memberikan keuntungan besar bagi para pelaku usahanya. Mulai dari berjualan barang maupun menawarkan jasa melalui toko online, hingga membantu penawaran produk sebagai reseller maupun affiliate banyak diminati para pencari usaha.
Sama seperti peluang usaha offline, bisnis online pun juga dapat memberikan keuntungan yang cukup besar. Baik keuntungan dalam bentuk materi maupun keuntungan tidak langsung misalnya berupa luasnya jaringan. Dalam menjalankan bisnis online, besar kecilnya keuntungan yang diperoleh tergantung oleh ketekunan serta optimalisasi website maupun media online yang digunakan.
Bisnis online banyak dijalankan oleh masyarakat, karena bisnis online memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh bisnis offline. Berikut beberapa keuntungan bisnis online yang menjadi daya tarik para pencari usaha :
1. Tidak membutuhkan modal usaha yang terlalu besar. Dalam menjalankan bisnis online, modal bukanlah hal utama bagi para pengusaha. Karena banyak peluang yang dapat dijalankan dengan modal kecil bahkan tanpa modal sama sekali, modal utama yang seharusnya dimiliki adalah fasilitas komputer dan adanya jaringan internet
2. Menjangkau pasar yang lebih luas dibandingkan toko offline. Keuntungan yang kedua dari bisnis online adalah, luasnya jangkauan pasar. Karena dengan jaringan internet, dapat membantu pemasaran bisnis yang Anda jalankan hingga mencakup semua daerah bahkan sampai ke lain negara. Yang dibutuhkan hanya optimalisasi penggunaan SEO, agar bisnis Anda mudah ditemukan konsumen
3. Biaya operasional yang cenderung lebih murah dibandingkan bisnis offline. Bisnis online dapat dikerjakan dari rumah, dan tidak terlalu membutuhkan biaya operasional yang terlalu tinggi layaknya bisnis offline
4. Memberikan keuntungan baik materi maupun non materi. Keuntungan materi yang diperoleh dari bisnis online tidak kalah besar dibandingkan bisnis offline, karena biaya operasional bisnis online yang cenderung masih rendah. Selain itu keuntungan non materi dengan bertambah luasnya jaringan, juga sangat membantu perkembangan bisnis online yang dijalankan
5. Waktu kerja bisnis online yang tidak terbatas, bahkan nonstop 24 jam. Karena dalam menjalankan bisnis online yang bekerja adalah sistem, sehingga tugas kita sebagai pemilik usaha hanya memberikan follow up atas permintaan yang telah diterima sistem
6. Mudahnya pelayanan yang diberikan kepada para konsumen, dengan fasilitas online yang mendukung. Misalnya untuk pembayaran dapat dilakukan dengan mencantumkan nomor rekening perusahaan Anda, sehingga hasil omset penjualan dapat langsung Anda terima.
Jika Anda mencari bisnis yang murah, mudah, dan berpeluang besar, bisnis online dapat menjadi salah satu bisnis yang dapat Anda pilih. Semoga dengan informasi tersebut, dapat memberikan semangat baru bagi Anda untuk mencoba peluang bisnis online.
Dalam implementasinya, keuntungan dari e-commerce tidak saja dirasakan oleh para pebisnis tetapi juga dapat dirasakan oleh konsumen, masyarakat luas dan pemerintah. Di bawah ini merupakan gambaran keuntungan dan kekurangan dari e-commerce yang dirangkum dalam tiga bagian, dalam prespektif produsen, konsumen serta masyarakat dan pemerintahan. Adapun keuntungan e-commerce pada produsen adalah:
a. Mengurangi penggunaan paper/kertas di berbagai aktifitas mulai dari tahapan desain, produksi,pengepakan, pengiriman, distribusi hingga marketing.
b. Mengurangi waktu delay dari pengiriman dan penyimpanan karena antara sistem produksi,pengepakan, penyimpanan dan distribusi terkoneksi secara online.
c. Membantu perusahaan-perusahaan yang memproduksi produk/service yang sangat spesifik
yang tidak dapat dipasarkan dalam bisnis secara fisik, karena keterbatasan konsumen, tempatdan biaya promosi tinggi
d. Mengurangi waktu dan biaya prosmosi dari produk/service yang dipasarkan karena tersedianyainformasi secara menyeluruh di internet sepanjang waktu.
Di Indonesia, sistem E-commerce ini kurang populer, karena banyak pengguna internet yang masih meragukan keamanan sistem ini, dan kurangnya pengetahuan mereka mengenai apa itu E-Commerce yang sebenarnya. Sehingga sampai saat ini, web resmi yang telah menyelenggarakan e-commerce di Indonesia adalah RisTI Shop. Risti, yaitu Divisi Riset dan Teknologi Informasi milik PT. Telkom, menyediakan layanan e-commerce untuk penyediaan informasi produk peralatan telekomunikasi dan non-telekomunikasi. Web ini juga telah mendukung proses transaksi secara online.
Adapun keuntungan utama yang didapat dengan menggunakan teknologi ini adalah open platform yang tidak tergantung kepada satu vendor tertentu, sehingga sistem e-commerce tersebut dapat dikembangkan dengan cepat tanpa terikat dengan satu vendor tertentu. Walapun hingga saat ini belum ada defenisi baku dari e-commerce, beberapa mengatakan bahwa e-commerce adalah website yang digunakan untuk berdagang (semacam storefront), di lain pihak ada menghubungan e-commerce dengan EDI (electronik data interchange) dan seterusnya.
Dengan melihat tujuan-tujuan di atas, dapat disimpulkan bahwa e-commerce merupakan sebuah sistem yang dibangun dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam berbisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan kualitas dari produk/service dan informasi serta mengurangi biaya-biaya yang tidak diperlukan sehingga harga dari produk/service dan informasi tersebut dapat ditekan sedemikian rupa tanpa mengurangi dari kualitas yang ada.

Jenis-jenis E-Commerce Secara umum aktifitas dari e-commerce mencakup berbagai aktifitas mulai dari direct marketing, search jobs, online banking, banking, e-government, e-purchasing, B2B exchanges, ccommerce, m-commerce, auctions, travel, online publishing dan consumer services. Dalam aplikasinya e-commerce dapat dibagi menjadi dua bagian besar yaitu business to business (B2B) dan business to customer (B2C). Dalam perkembangannya B2B lebih pesat dibandingkan B2C. Business to business dalam e-commerce umumnya menggunakan mekanisme EDI (electronic data interchange).
Tetapi karena begitu banyaknya standarisasi yang ada, dalam pelaksanaannya menyulitkan antara pebisnis untuk saling berinteraksi sehingga berkembanglah dewasa ini yang dinamakan Extensible Markup Language (XML) yang dikembangkan oleh World Wide Web Consortium (W3C). dalam XML ini tersimpan struktur dan jenis elemen data di dalam dokumennya yang berbentuk tags seperti HTML sehingga sangat efektif digunakan dalam system yang berbeda. Sehingga yang sebelumnya EDI menggunakan jaringan yang sering disebut VAN (value added network) dengan populernya jaringan internet mulai dikenal sebuah system yang disebut EDI over internet dan system lainnya yang sedang berkembang seperti electronic/internet procurement dan ERP (enterprise resource planning).

Secara umum adapun aktifitas dari B2B ini seperti trading partners dan pertukaran data (data exchange) yang dilakukan secara rutin antara pebisnis. Sedangkan dalam business to customer (B2C) umumnya menggunakan internet dengan berbagai model pendekatan seperti electronic shopping mall atau dengan konsep portal. Kedua-duanya menggunakan website sebagai basisnya. Aktifitas electronic shopping mall lebih ke mempromosikan produk dan service yang ada dengan dukungan online catalog dan sebagainya.
Adapun contoh dari system ini seperti amazon (http://www.amazon.com) dan netmarket (http://www.netmarket.com). Sedangkan dalam konsep portal lebih ke pelayanan yang lebih kompleks dimana electronic shopping mall juga termasuk didalamnya, dengan tetap berbasis website, di dalam portal ini juga terdapat pelayanan lainnya seperti e-mail, online database, news dan sebagainya. Adapun contoh dari sistem ini seperti netscape home (http://home.netscape.com) dan yahoo(http://www.yahoo.com).








http://bisnisukm.com/peluang-bisnis-online-melalui-blog.html
http://swa.co.id/2010/10/sinergi-plasa-com-%E2%80%93-ebay-mendorong-e-commerce-di-indonesia/
http://andalisme.blogspot.com/2010/10/perkembangan-e-commerce.html?zx=d5b9317a3daf08
http://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektronik
http://bisnisukm.com/10-kesalahan-umum-e-commerce.html
http://bisnisukm.com/bagaimana-seo-mengoptimalkan-bisnis-online.html
http://bisnisukm.com/keuntungan-bisnis-online.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar